Tags:

Peran Penting Nutrisi untuk Kurangi Dampak Stunting pada Anak oleh - layanandokter.site

By LayananKlinik24.online - Membahas Informasi Kesehatan → Sunday, July 26, 2020

Halo sahabat selamat datang di website layanandokter.site, pada kesempatan hari ini kita akan membahas seputar Peran Penting Nutrisi untuk Kurangi Dampak Stunting pada Anak oleh - layanandokter.site, kami sudah mempersiapkan artikel tersebut dengan informatif dan akurat, silahkan membaca

Stunting merupakan salah satu kondisi anak mengalami masalah pertumbuhan dan perkembangan di awal kehidupannya yang bisa jadi disebabkan oleh asupan nutrisi yang buruk. 

Nutrisi memiliki peran vital untuk mendukung tumbuh kembang anak apalagi jika si kecil sempat mengalami stunting. Dampak stunting pada anak pun tidak dapat dianggap sepele. Lebih lanjut, berikut beberapa dampak stunting dan peran nutrisi pada anak yang perlu Anda ketahui.

Mengenal dampak merugikan dari stunting anak

stunting adalah penyebab tubuh anak pendek

Berdasarkan data dari WHO, terdapat sekitar 144 juta anak di bawah umur 5 tahun mengalami stunting di seluruh dunia. Seringkali, stunting terjadi pada 1000 hari pertama kehidupan anak.

Stunting tidak hanya berdampak pada kesehatan anak, seperti menyebabkan ia lebih mudah sakit, tetapi juga pada perkembangan fisik dan mental.

Dilansir dari Powerofnutrition.org, dampak dari stunting dibagi menjadi dua, yaitu:

  • Dampak jangka pendek: Pertumbuhan otak menjadi kurang optimal contohnya berdampak pada IQ yang rendah dan sistem imun yang lemah.
  • Dampak jangka panjang: Usia pendek, memiliki postur tubuh yang lebih kecil, dan risiko mengalami penyakit seperti diabetes dan kanker lebih tinggi.

Tak hanya itu, dikarenakan stunting dapat mempengaruhi pertumbuhan otak, keterampilan dan kemampuan anak dalam belajar atau kognitif pun ikut terganggu. Penelitian tahun 2017 menemukan bahwa anak yang mengalami stunting akibat buruknya asupan nutrisi relatif mengalami kesulitan belajar saat menginjak usia yang lebih dewasa atau di masa depan.

Oleh karena itu, penting untuk diketahui bahwa nutrisi menjadi modal utama tumbuh kembang anak di awal kehidupannya.

Mengurangi dampak stunting pada anak dengan asupan nutrisi

nutrisi untuk daya tahan tubuh anak

Dilansir dari laman resmi UNICEF, anak membutuhkan sekitar 40 jenis nutrisi berbeda untuk tumbuh, berkembang, dan tetap sehat. Hal ini membutuhkan pola makan yang seimbang, termasuk susu, makanan sumber nabati dan hewani, serta sumber makanan yang telah difortifikasi atau melalui proses penambahan gizi.

Masalahnya, tidak mudah untuk selalu memenuhi kebutuhan ini. Oleh karena itu, makanan yang diformulasikan khusus untuk menambah kekurangan nutrisi setiap hari dapat digunakan.

Sebuah kajian tahun 2019 mengenai cara untuk meningkatkan status nutrisi pada anak yang mengalami stunting, menuturkan beberapa nutrisi yang sebaiknya dipenuhi anak setiap hari.

Vitamin A 

Vitamin A berperan penting dalam pertumbuhan anak dan keduanya juga saling berkesinambungan. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan gangguan pada pertumbuhan.

Menambah asupan vitamin A pada anak antara usia enam bulan dan lima tahun dapat mengurangi risiko kematian hingga 12 persen, diare hingga 15 persen, dan secara bertahap mengurangi kemungkinan anak mengalami stunting.

Vitamin A telah dikenal bermanfaat bagi kesehatan mata atau penglihatan anak. Bahkan, kekurangan asupan vitamin A merupakan salah satu penyebab kebutaan pada anak yang sebenarnya bisa dicegah. Manfaat lain yang tak kalah penting adalah vitamin ini berperan dalam mendukung daya tahan tubuh atau sistem imun dalam mencegah terjadi berbagai infeksi penyebab penyakit.

Salah satu cara menambah asupan vitamin A adalah dengan suplementasi seperti susu pertumbuhan. Vitamin A dapat ditemukan dalam dua kategori sumber makanan, yaitu sumber hewani seperti susu, ikan, dan daging; dan sumber nabati seperti sayuran berdaun hijau, wortel, ubi, dan mangga.

Zinc

Peran utama zinc adalah untuk mendukung tumbuh kembang anak yang normal untuk mengurangi dampak dari stunting.  Zink berperan penting untuk sintesis RNA dan DNA dan juga masih berhubungan dengan metabolisme vitamin A.

Beberapa studi yang dilansir di laman daring WHO menganalisis fungsi zinc dalam pertumbuhan anak. Secara garis besar dapat disimpulkan bahwa anak yang menerima tambahan asupan zink sebanyak 10 mg per hari selama 24 minggu membantu mendorong pertumbuhan tinggi anak hingga 0.37 (±0.25) cm dibandingkan dengan yang tidak. Selain itu, suplementasi zinc dapat memberikan dampak yang lebih besar pada anak yang mengalami stunting. 

Bentuk suplementasi zinc yang paling umum diberikan adalah dalam bentuk susu. Di samping itu, zinc tentu dapat ditemukan pada beberapa sumber makanan seperti telur, daging, ayam dan kacang-kacangan seperti kacang merah. 

Mikronutrien dengan omega-3

Kombinasi antara mikronutrien dan omega-3 secara jelas ditemukan dapat mengurangi kejadian stunting pada anak. Mikronutrien yang dimaksud adalah Docosahexaenoic acid atau biasa dikenal dengan DHA dan Arachidonic acid  (AA) yang esensial bagi tumbuh kembang anak.

Salah satu cara menambahkan asupan mikronutrien untuk anak adalah dengan memberikan susu pertumbuhan. Hal ini dibuktikan dari dua buah studi yang menunjukan bahwa kelompok anak yang mendapat tambahan mikronutrien dari susu menunjukan berkurangnya kejadian stunting dan kurang berat badan hingga 10%.

Protein whey

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu dampak dari stunting dalam jangka panjang adalah pertumbuhan tinggi dan berat badan yang kurang optimal.

Berdasarkan kajian tahun 2011 tentang efek whey dan kasein dalam susu untuk pertumbuhan anak, protein whey memiliki potensi untuk meningkatkan massa otot dan memiliki kualitas lebih baik dibandingkan kasein.

Untuk itu, protein whey yang terdapat dalam susu pertumbuhan dapat menjadi bagian dari upaya untuk mengurangi dampak dari stunting dengan meningkatkan pertumbuhan badan dengan optimal.

Stunting pada anak dapat memberikan dampak negatif di masa sekarang maupun di masa depan. Oleh karena itu, Anda perlu berusaha untuk menekan dampak ini dengan cara memenuhi kebutuhan nutrisi anak setiap hari.

Pilih makanan sehat dan seimbang serta tambahkan susu pertumbuhan pada pola makan yang mengandung berbagai nutrisi, termasuk yang telah dijelaskan di atas. Anda tentu selalu disarankan untuk menemui ahli medis atau dokter jika membutuhkan bimbingan apabila mendapati si kecil mengalami stunting.

Itulah tadi informasi dari judi poker mengenai Peran Penting Nutrisi untuk Kurangi Dampak Stunting pada Anak oleh - layanandokter.site dan sekianlah artikel dari kami layanandokter.site, sampai jumpa di postingan berikutnya. selamat membaca.

Post Tags:

Jillur Rahman

I'm Jillur Rahman. A full time web designer. I enjoy to make modern template. I love create blogger template and write about web design, blogger. Now I'm working with Themeforest. You can buy our templates from Themeforest.

No Comment to " Peran Penting Nutrisi untuk Kurangi Dampak Stunting pada Anak oleh - layanandokter.site "